Customize Ribbon Microsoft Office 2010
Posted: Rabu, 23 Juni 2010 by Rumiati_21307030_UNIKOM in
Pada Office 2010 Customize Ribbon ini terdapat didalam Options pada tiap-tiap aplikasi, dan jika diperhatikan, Options pada Office 2010 ini memiliki daftar pilihan yang sedikit berbeda dengan Office 2007. Sebagai contoh, gambar berikut ini memperlihatkan perbandingan Options pada aplikasi PowerPoint 2007 (gambar kiri) dengan PowerPoint 2010 (gambar kanan).
Kalau di PowerPoint 2007 hanya menyediakan pilihan Customize. Sementara pada PowerPoint 2010 pilihan Customize tersebut dipecah menjadi 2 bagian yaitu :
1. Customize Ribbon digunakan untuk menempatkan, mengatur tombol-tombol perintah pada sebuah Ribbon yang baru
2. Quick Access Toolbar digunakan untuk menempatkan tombol-tombol perintah pada Quick Access Toolbar seperti halnya Office 2007.
1. Customize Ribbon digunakan untuk menempatkan, mengatur tombol-tombol perintah pada sebuah Ribbon yang baru
2. Quick Access Toolbar digunakan untuk menempatkan tombol-tombol perintah pada Quick Access Toolbar seperti halnya Office 2007.
Cara penggunaan fitur Customize Ribbon
Misalnya pada aplikasi Outlook 2010, pada aplikasi Outlook 2010 yang sudah terbuka, klik pada Office Button untuk menampilkan Backstage View lalu klik pada pilihan Options. Berikutnya pada kotak dialog Options yang terbuka, di bagian kiri klik pada pilihan Customize Ribbon.
Setelah itu pindah ke bagian kanan yang terbagi lagi menjadi 2 bagian, yaitu :
1.Bagian Choose Commands From digunakan untuk menampilkan tombol-tombol perintah yang terdapat pada aplikasi Outlook tersebut, ada beberapa pilihan yang disediakan, misalnya pilihan Popular Commands untuk menampilkan daftar tombol perintah yang umum digunakan atau pilihan All Commands untuk menampilkan daftar semua tombol perintah yang ada.
2.Bagian Customize The Ribbon digunakan untuk menampilkan daftar semua Tab berikut Ribbon dan Group yang terdapat pada aplikasi Outlook 2010. Lalu di bagian bawahnya terdapat beberapa buah tombol yaitu tombol New Tab untuk membuat Tab baru, tombol New Group untuk membuat Group baru serta tombol Rename untuk merubah nama Tab maupun Group.
Saya akan melakukan klik pada tombol New Tab, dan hasilnya sebuah Tab baru dengan nama New Tab (Custom) serta sebuah Group baru dengan nama New Group (Custom) telah ditambahkan pada daftar tersebut,
Dengan tombol New Group dan tombol Rename, saya juga akan membuat beberapa Gr oup tambahan serta merubah namanya agar lebih mudah dan lebih familiar. Kemudian dengan menggunakan tombol Move Up yang terletak di bagian paling kanan saya tempatkan Tab yang baru tersebut di bagian paling atas, hasilnya tampak pada gambar berikut ini.
Langkah terakhir tentunya adalah menutup kotak dialog Outlook Options tersebut dengan meng-klik tombol Ok. Dan hasil akhirnya dapat dilihat pada gambar berikut ini. Terlihat bahwa sebuah Tab baru dengan nama Personal telah ditambahkan sebelum Tab-tab lainnya. begitu pla dengan Tab-tab default yang terdapat pada aplikasi Office 2010 bahkan dapat dinon-aktifkan, yaitu dengan menghilangkan tanda checklist di sebelah nama Tab-nya pada kotak dialog Options sebelumnya. Contoh hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini, terlihat bahwa dalam aplikasi Outlook tersebut hanya terdapat satu buah Tab saja
Materinya menarik, aku akan coba Office 2010