Fungsi-Fungsi Menu Bar Microsoft Word 2010
Posted: Kamis, 24 Juni 2010 by Rumiati_21307030_UNIKOM in1.Menu File, Sub Menu File
- New : Membuka dockument baru yang masih kosong
- Open : Membuka file dokumen yang telah disimpan
- Close : Mrenutup dokumen
- Save : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan
- Save As : Menyimpan dokumen ke media penyimpanan dalam format lain
- Save as Web page : Menyimpan dalam format file web page
- Seacrh : Mencari teks tertentu dari suatu file
- Versions : Untuk mengetahui versi Ms. Word
- Web page Preview : Melihat tampilan dokumen dalam format web page
- Page setup : Mengatur tampilan halaman yang akan dicetak pada pada dokumen
- Print Preview : Melihat tampilan dari dokumen yang akan di cetak
- Print : Mencetak dokumen dan mengatur kerja printer
- Send to : Mengirim dokumen melalui e-mail
- Propertise : Mengetahu beberapa keterangan mengenai isi dokumen
- Exit : menutup program Ms. word
2. Menu Edit, Sub Menu Edit
- Undo : Membatalkan perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Z)
- Repeat atau Redo : Mengulangi perintah yang telah dilakukan (Ctrl+Y)
- Cut : Menghapus/memindahkan teks atau objek yang dipilih ke clipboard
- Copy : Menyalin teks atau objek yang dipilih ke clipboard
- Office Clipboard : Membuka isi clipboard
- Paste : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada
- Paste Spesial : Menempatkan objek/teks yang ada di clipboard pada posisi titik sisip berada dengan format yang berbeda
- Paste Hyperlink : Menempatkan teks sebagai hyperlink
- Clear : Menghapus semua data (All), format data (formats), komentar (comments), isi data (contents) yang ada pada lembar kerja
- Select All : Untuk memblok semua isi dokumen
- Find : Mencari kata dari dokumen yang sedang aktif
- Replace : Untuk mencari dan mengganti kata tertentu dari dokumen yang sedang aktif
- Go To : Menuju ke halaman
- Links : Mengubah sumber link objek pada dokumen yang aktif
- Object : Mengedit objek yang bukan berasal dari dokumen word
3. Menu View, Sub Menu View
- Normal : Mengubah tampilan layar ke bentuk normal
- Web layout : Mengubah tampilan layar dalam bentuk web view
- Print layout : Mengubah tampilan layar pengetikan ke bentuk print view
- Outline : Mengubah tampilan layar ke bentuk outline view
- Task Pane : Menampilkan/menyembunyikan bantuan task pane di layar
- Toolbars : Menampilkan dan menyembunyikan toolbar
- Ruler : Menampilkan dan menyembunyikan mistar/garis pengatur
- Show Paragraph Marks : Untuk menampilkan simbol paragraph
- Gridlines : Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
- Documents Map : Menampilkan dokumen dengan disertai peta gambar
- Header Footer : Membuat dan menghapus judul atas dan bawah di dokumen
- Footnotes : Melihat catatan hasil footnote
- Mark up : Menampilkan toollbar markup
- Full Screen : Menampilkan dokumen dalam satu layar penuh
- Zoom : Menentukan ukuran tampilan lembar kerja pada layar
4. Menu Insert, Sub Menu Insert
- Break : Menentukan jenis perpindahan halaman
- Page Numbers : Memberi nomor halaman
- Date and time : Menyisipkan tanggal dan waktu yang berlaku saat ini
- Autotext : Menyisipkan kata
- Field : Menyisipkan field
- Symbol : Menyisipkan symbol ke dalam teks
- Comment : Menyisipkan komentar
- Reference : Menyisipkan footnote, caption, cross reference
- Web Component : Menyisipkan komponen dari web
- Picture : Menyisipkan gambar
- Diagram : Menyisipkan diagram
- Text Box : Menyisipkan teks atau gambar yang berada dalam kotak tertentu kedalam dokumen aktif
- File : Menampilkan toollbar markup
- Object : Menyisipkan objeck kedalam dokumen
- Bookmark : Menyisipkan tanda pada suatu teks, gambar, grafik, dan lainnya ke dalam dokumen
- Hyperlink : Menyisipkan hyperlink pada taks, file, atau dokumen (HTML) (Ctrl+K)
5. Menu Format, Sub Menu Format
- Font : Memilih jenis, gaya, ukuran, dan efek hurufyang diinginkan
- Paragraph : Menentukan identitas, spasi, pemotongan baris, dan halaman dolumen aktif
- Bullets and Numbering : menyisipkan bullet dan nomor pada teks yang dipilih
- Borders and Shading : Memberikan bingkai dan arsiran
- Columns : Membuat dokumen menjadi beberapa kolom
- Tabs : Menentukan batas tabulasi di dalam dokumen
- Drop Cap : Memformat teks menjadi huruf berukuran lebih besar di awal paragraph
- Text Direction : Mengatur arah horizontal dan vertikal dari teks yang diketik
- Change Case : Mengatur teks yang disorot menjadi huruf besar dan kecil atau sebaliknya
- Fit Text : Mengatur jarak atara huruf dalam kalimat
- Background : Memberi warna latar belakang pada dokumen
- Theme : Mengatur format tampilan theme yang digunakan pada halaman web
- Frames : membuat tabel daftar isi dengan menggunakan heading dari dokumen dan menempatkannya sebelah kiri frame
- Autoformat : Mengubah format yang disediakan Word menjadi format dokumen baru
- Style and Formating : Mengubah style dan format
- Reveal Formating : Menampilkan task pane Reveal Formatting yang berfungsi untuk menentukan format suatu teks
- Object : Memformat suatu objek
6. Menu Tools, Sub Menu Tools
- Spelling and Grammar : Menjalankan pemeriksaan ejaan dan tata bahasa dari teks atau
- paragraf dalam sebuah dokumen
- Language : menjalankan fasilitas penerjemah bahasa -
- Word Count : Memberikan data statistik tentang jumlah halaman, kata, karaktek, paragraf, dan baris yang terdapat dalam dokumen aktif
- Autosummarize : Memberikan data statistik tentang jumlah huruf dan kata pada dokumen aktif
- Speech : Mengubah pembicaraan melalui mokrofon menjadi teks, atau sebaliknya
- Track Changes : Menandai teks yang baru diubah sisinya
- Compare and Merge Documents : Membandingkan dan menggabungkan dokumen yang aktif dokumen lainnya
- Protect Document : Melindungi dokumen agar aman dari bentuk pengubahan dokumen
- Online Collaboration : mengadakan diskusi dan bertukar informasi melalui internet
- Letters and Mailings : Memuat surat melalui fasilitas wizard
- Macro : Membuat dan menghapus macro sendiri
- Template and add-ins : Mengatur tampilan template
- AutoCorrect Options : Memperbaiki teks secara otomatis
- Customize : Menata toolbar, menambahkan perintah bari, membuat menu da toolbar sesuai keinginan
- Options : Membantu nebggybajab sevekas tabulasi yaitu View, Edit, Print, Save, User,Information, Compability, File Locations, Security, Spelling & Grammar, dan Track Changes.
7. Menu Table, Sub Menu Table
- Draw Table : Menampilkan toolbar Tables dan Borders untuk membuat gambar tabel
- Insert : Menyisipkan tabel, baris, sel, dan kolom
- Delete : Menghapus tabel, baris, sel, dan kolom
- Select : Menandai tabel, baris, sel, dan kolom
- Merge Cells : Menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel
- Split Cells : Memecah sel menjadi beberapa sel
- Split Table : Memecah tabel menjadi beberapa tabel
- Table AutoFormat : Memformat tabel dengan format yang telah disediakan Ms. Word
- AutoFit : Menentukan penyesuaian judul, Windows, kolom secara otomatis
- Heading Rows Repeat : Mengulang baris judul
- Convert : Mengkonversi teks menjadi tabel, atau sebaliknya
- Sort : Mengurutkan data atau teks
- Formula : Menggunakan rumus dan fungsi yang disediakan Ms. Word
- Hide Gridlines : Menampilkan atau menyembunyikan garis bantu pada tabel
- Table Propertise : Menampilkan kitak dialog Table Propertise
8. Menu Window, Sub Menu Window
- New Window : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
- Arrange All : Mengatur letak dan bentuk jendela dokumen yang aktif agar dapat melihat seluruh dokumen aktif dengan ukuran yang sama dalam waktu bersamaan
- Split : membagi dokumen aktif menjadi dua bagian agar dapat melihat bagian yang berbeda dari dokumen yang sama pada waktu bersamaan
9. Menu Help, Sub Menu Help
- Microsoft Word Help : Menampilkan menu help Word -
- Show the Office Assistant : Menyembunyikan atau menampilkan Office Assistant
- Office on the Web : Menampilkan berbagai informasi terakhir mengenai program aplikasi Ms. Office melalaui internet
- Activate Product : Mendeteksi aktivasi Word
- Detect and Repair : Mendeteksi dan memperbaiki program word
- About Microsoft Word : Menampilkan kotak dialog tentang Microsoft Word yang digunakan
efektif bgetz....